LABELISASI PKH DIHARAPKAN BISA MENJADI SOLUSI AGAR BANTUAN YANG DIBERIKAN PEMERINTAH TEPAT SASARAN

 

LABELISASI PKH DIHARAPKAN BISA MENJADI SOLUSI

 AGAR BANTUAN YANG DIBERIKAN PEMERINTAH TEPAT SASARAN

 

Kletek__(SID)17/12/2019 Program Keluarga Harapan adalah pemberian bantuan kepada masyarakat miskin yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ). PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya.

Melalui PKH, Keluarga Miskin didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan  pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya. Bantuan sosial PKH pada tahun 2019 terbagi menjadi dua jenis yaitu Bantuan Tetap dan Bantuan Komponen yang diberikan dengan ketentuan, Pertama Bantuan Tetap untuk Setiap Keluarga ada Reguler dan PKH Akses, Kedua Bantuan Komponen untuk Setiap Jiwa dalam Keluarga PKH yaitu Ibu hamil, Anak usia dini, SD, SMP, SMA, Disabilitas berat, Lanjut usia.Dan masing masing memiliki nilai tersendiri.

Program ini menjadi permasyalah dan kecemburuan sosial karna dianggap tidak tepat sasaran, maka dari itu diadakanya LABELISASI/ PENYEMPROTAN oleh petugas PKH didampingi dari Kecamatan, Polsek, Koramil dan Perangkat Desa. Ada beberapa warga yang menolak untuk disemprot karna merasa sebagai keluarga mampu dan akhirnya mengundurkan diri dengan menandatangani surat pernyataan yang telah disiapkan oleh petugas, tetapi ada juga beberapa warga yang mampu tapi mereka tetep ingin mendapat bantuan, dan penyemprotan pun dilakukan oleh petugas. Semoga dengan adanya program ini diharapkan warga yang menerima bantuan bisa tepat sasaran. (*Admin)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan