TRADISI DAN BUDAYA SODAQOH BUMI DESA KLETEK

Kletek__SID 26/12/2019 Dalam setiap tradisi sedekah bumi atau biasa warga desa kami menyebutya dengan kata (kabumi) tiap-tiap daerah mesti mempunyai ritual dan tradisi yang berbeda, begitu juga dengan warga desa kletek kecamtan pucakwangi yang mayoritas penduduknya petani.

Sebelum acara sodaqoh bumi dimulai bapak Kepala Desa mengadakan ritual kondangan di mbulu (sebutan tempat yang pertamakali para sesepuh terdahulu mengadakan ritual). Setelah itu sebelum acara dimulai bakda zuhur seluruh perangkat desa beserta warga mengadakan acara selametan diPunden, semua warga membawa ambengan berupa nasi beserta lauk dan bugis dibawa ke punden untuk dido’akan. Setelah do’a selesai dipanjatkan dan sebelum acara lainya dimulai  tradisi selanjuknya yaitu beksan yang dilakukan oleh para punggowo desa yaitu kepala desa beserta perangkat.

Sodaqoh bumi di Desa kletek telah ditentukan bulan dan harinya yaitu ba’da mulud_kamis Kliwon. Sedekah bumi ini sebagai rasa syukur yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada warga selama setahun terakhir, sekaligus untuk meminta berkah dan limpahan rejeki untuk masa yang akan datang.(*Admin)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan